Breaking NewsSumsel

PLN Targetkan Tahun 2020, WIlayah Sumsel 100 Persen Teraliri Listrik

PALEMBANG BARU – 62 Desa yang tersebar di wilayah Sumsel saat ini belum tersentuh jaringan listrik, dikarenakan wilayah tersebut terletak di perairan. Dan pihak PLN juga kesulitan untuk memasok listrik.

GM PT PLN (Persero) S2JB Daryono melihat jika 2 persen wilayah yang belum dialiri listrik saat ini berada di 62 desa. Dimana tersebar di 6 Kabupaten wilayah Sumsel.

“Saat ini ada 62 desa belum teraliri listrik. Wilayahnya ada di OKI 34 Desa. OI 2 desa, Banyuasin 6 desa, Muba 2 desa, OKU Selatan 15 Desa, Musi Rawas 3 desa. Dimana dari 62 desa tersebut terdapat 8000 jiwa yang belum menikmati aliran listrik,” kata Daryono, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, Untuk wilayah yang tidak teraliri listrik hingga saat ini, lebih banyak dikarenakan faktor alam dimana kondisi perairan yang sulit dijangkau. Namun pihak PLN tetap akan mengupayakan tahun 2020 Sumsel 100 persen wilayahnya bisa teraliri listrik.

Dari 62 desa, 29 diantaranya akan menggunakan tenaga Surya karena berada di wilayah perairan. Sedangkan 33 desa lainnya akan menggunakan jaringan listrik.

“Kalau wilayah perairan akan pakai listrik tenaga surya karena medannya sulit kita tidak gunakan jaringan. Kita sudah usulkan ke pusat, tinggal nunggu respon dari pusat, anggaran tenaga surya jalan. Untuk pemasangannya tenaga Surya itu di bawah Kementerian ESDM bukan PLN. Kalau PLN hanya kerjakan jaringan. Insyaallah tetap tuntas tahun depan,” tuturnya

Sementara itu Gubernur Sumsel mendukung penuh keinginan PLN membuat Sumsel terang pada tahun 2020. Dirinya ironi melihat wilayah penghasil energi seperti Sumsel masih belum teraliri listrik sepenuhnya.

“Bukan hanya kota yang butuh listrik, tetapi desa juga. Kita penghasil energi terbesar bagaimana belum bisa 100 persen. Saya minta sesegeranya aliran listrik dapat terpenuhi untuk Sumatera Selatan,” jelas Deru.

Dirinya menjelaskan dalam beberapa pertemuan antara Pihak Pemprov dan PLN dirinya selalu mengajak untuk bertukar pikiran bagaimana wilayah-wilayah yang sulit dialiri listrik bisa segera menikmati listrik.

“Saya sudah ajak ngomong para manager (PLN) bahwa 2020 harus 100 persen bener. Kalau tidak bisa pake jaringan kita pake tenaga Surya kalau masih tidak bisa juga kita pake PLTD,” tutupnya.

 

Teks : Rama

 

Redaksi Palembang Baru

Tinggalkan Balasan