Sumsel

Sambut HUT RI KE 72, Kecamatan Muaraenim Gelar Lomba Berburu Hama Tikus

Palembangbaru.com, Muara Enim–memperingati HUT RI KE 72 tahun sangat semarak dari tahun sebelumnya panitia perlombaan dari tingkat desa sekabupaten Muara Enim selalu mengadakan pertandingan seperti balap karung, panjat pinang, gundu (kelereng), bakiak hingga makan kerupuk.

Begitu pula dengan Kecamatan Kota Muara Enim tak ketinggalan menggelar acara untuk memperingari HUT RI ke 72 ini. Uniknya, perlombaan yang dilakukan adalah membunuh hama tikus disawah.

Camat Muara Enim Asarli mengatakan, sengaja dia menyelenggarakan lomba berburu tikus sawah ini untuk memberikan hal berbeda kepada masyarakat.

“Juga  panitia akan memberikan berupa uang bagi yang berhasil menangkap tikus hama tersebut kategori juara adalah juara 1.2,dan juara 3 Kegiatan ini juga dalam rangka mensukseskan progarm tanam padi 2 kali setahun,”
Untuk lomba ini masih kita kaitkan dengan HUT RI KE 72”
Tahun ini kita lain dari yang lain dalam menggelar perlombaan peserta terdiri dari pelajar dan masyarakat umum ungkap camat Muara Enimi.

Sementara Kepala UPTD Tanaman Pangan dan Holtikultura Kecamatan Muara Enim dan Ujanmas Liesma Nardi mengaku senang dengan kegiatan ini.dan kami dari dari hultikultura sangat mendukung
Menurutnya, hama tikus merupakan musuh bagi petani di desa Tanjung Jati. ” Panen tak bisa 2 kali setahun, salah satu penyebabnya karena hama tikus,”
Kedepan dia berharap, akan banyak kegiatan berburu hama tikus ini. ” Biar lebih efektif, silahkan berkoordinasi dengan kami (UPTD Pertanian Muara Enim),” ujarnya.

Kegiatan ini juga mendapat perhatian cukup besar dari masyarakat. Ratusan pelajar dan masyarakat umum turut dalam kegiatan yang dihadiri camat, kepala UPTD dan seluruh Lurah serta Kades se Kecamatan Kota Muara Enim. (Edward)

Redaksi Palembang Baru

Tinggalkan Balasan